parallax background

Mari kita putuskan untuk hidup lebih bahagia!

SPF 15/30/50 – Apa bedanya dan mana yang harus dipakai?
January 25, 2019

Mari kita putuskan untuk hidup lebih bahagia!


Emosi yang kita rasakan sehari-hari akan menentukan cara kita merespon perkataan dan perbuatan orang lain serta menentukan cara kita berperilaku sebagai individu.

Emosi negatif yang kita rasakan secara rutin akan menjadikan kita terluka secara emosional dan fisik. Badan kita akan menunjukan tanda-tanda akan adanya simpanan emosi negatif yang berat dan terus menerus. Contohnya, organ tubuh tertentu akan secara konstan sakit tanpa ada penyebab yang jelas. Hal ini tentunya sangat tidak menyenangkan dan tidak nyaman.

Pernahkah anda bertemu dengan seseorang yang perilakunya atau sifatnya mirip dengan sang ayah atau ibunya? Ini disebabkan karena emosi terbawa dan direkam dalam DNA manusia yang kemudian diteruskan generasi ke generasi. Di sini saya mengambil contoh apabila seorang ibu mempunyai sifat yang pemarah, maka akan tinggi kemungkinannya bahwa anak sang ibu tersebut juga menjadi seorang yang pemarah.

Tapi jangan khawatir! Model emosi yang tertanam (emotional pattern) bisa diubah menjadi lebih positif dan tentunya essential oils akan sangat membantu dalam proses melepaskan emosi-emosi negatif ini.

Salah satu cara menggunakan essential oils adalah dengan menghirup wanginya (secara aromatic). Tahukah anda bahwa kita memiliki organ yang mengatur emosional individu di sitem limbik otak yang dinamakan Amigdala? Organ ini memiliki fungsi membantu mengkoordinasikan tanggapan terhadap hal- hal di lingkungan yang memicu respon emosional, singkatnya, mengatur antara ingatan dan emosi yang terkait.

Organ ini sangat spesial karena hanya merespon dari indera penciuman saja, contohnya apabila seseorang mencium wangi bunga tertentu, maka akan mengingatkan pada momen kesedihan di hidupnya.

Karena hanya merespon dari indera penciuman, maka Amigdala merespon sangat baik dengan bantuan essential oils. Essential oils yang tepat akan membantu mengubah emosi negatif seseorang menjadi lebih positif. Seseorang yang memiliki emosi yang positif tentunya akan merespon dengan niat dan kegiatan yang positif sehingga tercipta keadaan yang lebih sukacita untuk dirinya dan orang-orang di sekitarnya.

Nah sekarang, bagaimana cara kita untuk mengubah emosi-emosi negatif tersebut menjadi lebih positif?

  • Identifikasi emosi negatif (contoh: marah, kesal)
  • Gunakan essential oil dengan diteteskan di telapak tangan non-dominan dan hirup
  • Rasakan perasaan/emosi yang positif (contoh: gembira, sukacita)
  • Perkatakan kata-kata yang positif sesuai apa yang mau dicapai di point 3
  • Oleskan oil di atas kedua alis (emotional points)
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari dan untuk periode tertentu

Cara-cara diatas dapat digunakan untuk dewasa dan anak-anak.

Teman-teman pastinya mau memiliki lebih banyak emosi atau perasaan positif dalam hidup kalian. Mari putuskan untuk hidup lebih bahagia.

Ingin tahu lebih lanjut essential oils yang efektif dengan emosi anda saat ini? Yuk ngobrol lebih lanjut dengan Herliani (Whatsapp 081572020684). Follow instagram @hi.oil juga ya!

Referensi: Releasing Emotional Pattern with Essential Oils by Carolyn L Mein
Share it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *